Dari hasil pedoman sederhana dalam hal peluang usaha sambal pecel, ada target konsumen yang menjadi target penjualan yakni para pengusaha rumah makan dan orang yang mengadakan suatu program besar. Masing-masing memiliki halangan dalam proses penjualan sambal pecel. Namun bila memilih kedua target, tentu mampu meminimalisir halangan dalam penjualannya.
Apakah tidak mampu menarget konsumen biasa atau pecinta sambal pecel? Ya bisa. Cuma mereka mikir, “masak belanja online sekedar membeli sambal pecel?” Kalau mau menarget pecinta sambal pecel, jangan hanya menjual sambal satu jenis. Perlu banyak variasi sambal yang dijual-belikan. Dalam hal ini, membutuhkan pembangunan “toko online sambal”. Akhirnya konsumennya lebih luas lagi yaitu para pecinta sambal, termasuk sambal pecel.
Lalu bagaimana cara penjualan sambal pecel biar mampu menghasilkan pemasukkan yang lumayan besar tiap bulannya? Ini yang perlu anda catat. Berikut penjelasannya:
Membuat Fanspage Dan Penjualan Target Kota
Jangan bermimpi untuk menguasai penjualan skala nasional. Jangankan skala nasional, skala kota saja belum tentu mampu menguasai penjualan. Maka dari itu, cukup menargetkan skala kota dalam penjualan sambal pecel. Menarget konsumen yang satu kota membuat pengiriman produk pun jauh lebih mudah. Ini taktik yang mengagumkan juga untuk menjalin kedekatan terlebih dahulu dengan konsumen. Biasanya jikalau sesama orang Cirebon atau Semarang, mudah menjalin kedekatan.Membuat fanspage Facebook memang penting untuk menarget konsumen yang berada di kota. Solusi membuat fanspage yang terbaik yaitu mencantumkan judul sesuai nama produknya. Misal produknya sambal pecel, maka mampu membuat judul “Sambal Pecel Semarang” atau “Sambal Pecel Madiun”. Ini penting biar mereka tahu bahwa fanspage tersebut menjual atau mendapatkan pemesanan sambal pecel.
Rata-rata pembeli produk sambal pecel atau masakan yang cepat basi, mereka bukan mencari di Google melainkan sudah kenal terlebih dahulu mengenai penjualnya. Mereka sudah kenal akrab walaupun hanya lewat online. Mereka yang ingin membeli sesuatu yang sedang mereka butuhkan, tinggal menghubungi pemilik produk lewat inbox atau sms. Makara tidak ada judul mencari di Google. Memang ada pencarian, namun sedikit. Rata-rata pencarian hanya persoalan tips resepnya bukan pembeliannya.
Membuat Fanspage mampu juga lewat Instagram dengan teknik pembuatan yang sama. Karena Instagram juga sudah dimiliki Facebook. Di ketika beriklan, cukup mengandalkan Facebook biar mampu ditampilkan di Instagram.
Setelah itu, iklankan fanspage Facebook atau Instagram anda. Sekarang ini sudah mampu beriklan dengan bank lokal lewat ATM. Anda hanya perlu berguru bagaimana cara beriklan di Facebook. Terpenting, ketika memasang iklan, barus menarget kota daerah dimana anda tinggal. Tujuannya biar mudah menjalin kedekatan dengan orang yang berada di kota yang sama dengan anda.
Hal yang penting adalah, selalu update mengenai acara anda yang berkaitan dengan sambal pecel. Tentunya harus disertai foto-foto acara rill anda dan tim dalam bisnis sambal pecel. Bisa mengupload proses pembuatan sambal, iseng-iseng membuatkan resep atau yang lainnya. Jangan selalu berisi jualan sambal pecel.
Tekankan “Menerima Pemesanan Sambal Pecel”
Memberi sebuah tagline mengenai kesiapan mendapatkan pemesanan memang penting. Penjualan anda menarget untuk orang-orang yang mau mengadakan sebuah program menyerupai tahlilan, selametan, haul, maulidan dan sebagainya. Biasanya mereka membuat kemasan masakan atau disebut ‘besek/berkat’ yang membutuhkan sambel pecel sebagai pelengkapnya. Anda mampu manfaatkan keadaan ini.Membuat Blog Untuk Target Marketing Toko Online Sambal
Nah, jikalau membuat blog, tujuannya harus untuk target penjualan produk yang lebih bervariasi lagi. Artinya menarget penjualan masakan sambal bila memang siap dalam hal proses pembuatannya. Bisanya mengandalkan produk suplier bila mau menjual variasi sambal di toko online. Sangat merepotkan bila harus membuat variasi sambal bila mengandalkan usaha rumahan.Namun yang terpenting, ada sambal khusus hasil olahan anda sendiri yakni dalam hal ini yaitu sambal pecel.
Target pembuatan blog untuk marketing toko online sambal, jangan berfokus pada tema masakan sambal. Harus menarget aneka macam masakan dan secara khusus membahas masakan yang berdampingan dengan sambal atau sambal pecel. Keuntungan lain membuat blog kuliner yaitu untuk kepentingan bisnis yang lain menyerupai Google Adsene dan jug jasa pemasangan iklan.
Tujuan membuat blog pun untuk menarget pelanggan lebih luas lagi. Jalan satu-satunya yang terbaik yaitu menggunakan blog sebagai media iklannya.
Posting Komentar