Di sini yaitu sebuah starategi untuk memulai melaksanakan list building alias membangun pelanggan demi kesuksesan dalam memanfaatkan peluang usaha.
Menangkap Peluang Usaha Yang Tepat
Seperti yang sudah dijelaskan, memiliki pelanggan ibarat memiliki karyawan yang siap bekerja. Namun pelanggan yang sebagai karyawan yaitu pelanggan yang bekerja menghabiskan suatu produk. Bila ibarat ini, peluang usaha apa yang sempurna semoga para pelanggan tidak jenuh bekerja menghabiskan produk? Ini yang harus anda jawab dengan terlebih dahulu menangkap peluang usaha yang tepat.Bila anda berfokus memanfaatkan peluang usaha dalam pembuatan baju batik, bagaimana membangun pelanggan yang tepat? Bila pelanggan sudah terbangun dengan tepat, apakah pelanggan berpotensi untuk terus berlangganan terhadap baju batik yang anda kelola? Tahap selanjutnya harus ada pikirkan yang memang berkaitan dengan sistem “inovasi usaha”.
Memanfaatkan pelanggan harus diberikan banyak sekali inovasi produk semoga mereka tidak jenuh dengan produk yang anda buat. Untuk itu, harus mampu menangkap peluang usaha yang sempurna dengan sistem alur. Sistem alur untuk hal ini yaitu berpikir jauh mengenai produk-produk yang akan anda produksi dengan terlebih dahulu membuat produk utama dalam perusahaan anda.
Menangkap Target Pelanggan Yang Tepat Dengan Terlebih Dahulu Meriset Keadaan Pasar
Kalau untuk usaha online maka akan dengan mudah melaksanakan riset pasar. Namun kalau untuk kepentingan usaha ofline saja, tanpa online, akan mengalami kesulitan dalam meriset pasar. Pada dasarnya memang harus terjun ke lapangan memperhatikan pengusaha atau penjual produk yang menjadi target produk usaha anda. Bila memang menjual batik, tentu harus memperhatikan pesaing anda, apakah mereka laku dalam berjualan batik atau tidak.Untuk membuka usaha secara online, mampu menargetkan pelanggan dengan memakai Google Keyword dan Facebook. Namun kalau ingin menjual suatu produk hanya pada wilayah tertentu, misal hanya untuk Cirebon, mampu menggunakan Facebook. Kenapa Facebook? Karena menggunakan “sistem ketertarikan” yang mampu disetting sesuai tema produk. Anda mampu mencari pelanggan yang suka fashion, batik, baju daerah, dll khusus Cirebon. Lewat Facebok inilah yang mampu digunakan sebagai altenatif riset ke lapangan untuk usaha ofline.
Bila sebuah produk sudah diproduksi, anda tinggal mengiklankan dengan mudah pada pelanggan yang sudah masuk dalam daftar pelanggan anda. Biasanya memang menggunakan auturesponder email atau memang menggunakan Fanspage Facebook.
Menangkap Pelanggan dan Jangan Lepaskan Segera
Hal terbaik dalam membangun daftar pelanggan yang menjadi target penjualan yaitu pelanggan yang bukan sebagai konsumen murni, melainkan pelanggan yang sebagai agen yang memang berjasa dalam menyalurkan produk ke tangan konsumen. Bila anda membuat baju batik maka harus mencari distributor-distributor yang memang tertarik pada bisnis baju batik milik anda.Walaupun sekedar distributor, namun tetap mereka memiliki ketertarikan pada suatu produk ibarat halnya konsumen murni. Untuk itu, kalau sudah menangkap pelanggan, jangan diarkan mereka jenuh dengan produk yang anda buat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perlu ada inovasi. Inovasi yang dihadirkan tentu berkaitan dengan ketepatan dalam memilih peluang usaha.
Posting Komentar