Halloween party ideas 2015

Pentingkah belajar SEO untuk kebutuhan marketing bisnis online menurut anda? Penting atau tidak, yang terperinci teknik dan taktik SEO (Search Engine Optimization) sudah menjadi adegan dari bisnis yang banyak dilakukan para pebisnis kecil-menengah. Dengan menerapkan SEO, bisnis yang terbangun akan berjalan dengan lancar tanpa memaksimalkan modal iklan.

untuk

Menurut saya pribadi, penting sekali berguru SEO terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis online. Kenapa? Karena dengan terlebih dahulu menguasai SEO, pembuatan rencana marketing untuk situs bisnis akan jauh lebih baik. Mulai dari membuatan nama domain, pembuatan konten dan backlink, akan dirancang berdasarkan unsur SEO.

Artikel terkait: Cara Menambah Banyak Pengunjung Situs Bisnis

Sebagai sikap sadar akan permodalan bisnis yang cekak, tidak memiliki banyak modal, tentu jauh lebih baik membuat situs bisnis yang berdasarkan unsur-unsur SEO daripada memakai merek bisnis pribadi. Dalam hal nama, jauh lebih baik menggunakan nama yang dicari banyak orang menyerupai “Jual Nasi Jamblang” daripada menggunakan “Warung Gue Cirebon” sebab akan lebih dekat dengan para pencari. Dalam hal konten, jauh lebih baik menggunakan blog daripada hanya 1 lembaran goresan pena panjang. Intinya benar-benar memperhatikan SEO dalam menjalankan marketing bisnisnya.

Bila ada yang berkata, “Lupakan SEO”, menurut saya itu perkataan yang gegabah bila ditunjukkan untuk para pebisnis kecil. Bila pebisnis kecil menurut saja dengan perkataan tersebut, tentu sebuah langkah yang konyol. Karena modal satu-satunya yang terbaik yakni dengan mengandalkan SEO biar Google menunjukkan trafik gratis ke situs bisnsinya.

Pebisnis besar saja masih memperhatikan SEO walaupun bisa saja tidak maksimal menyerupai berbagi artikel review dengan menyewa penulis profesional untuk membuat artikel standar SEO. Ada juga pebisnis yang membuat blog khusus untuk mempromosikan bisnisnya.

Bukan melupakan SEO tetapi pakailah teknik SEO sewajarnya sebab memang wajar, sederhana. Bila menyerupai itu, proses berguru SEO pun tentu saja tidak perlu membutuhkan waktu lama dan melelahkan. So, masih enggan menguasai SEO?

Yang membuat lama menguasai SEO yakni mengenai duduk perkara backlink SEO. Apa itu backlink? Backlink yakni penyebaran anchor teks ke banyak situs. Itu pun bukan bertema menguasai tetapi lebih kepada berburu backlink. Berburu backlink memang sulit dan membutuhkan waktu lama.

Untungnya, anda silahkan melupakan backlink SEO bila anda malas berburu. Asalkan:
  • Rutin menulis setiap hari dengan kualitas terbaik
  • Membangun backlink intern alias membangun link antar artikel
  • Berusaha menimbulkan blog sebagai sumber rujukan untuk para blogger

Lalu bagaimana hal dasar dalam berguru SEO biar bisa membangun situs bisnis dengan benar? Pembahasan ini tentunya sudah dijelaskan para master SEO terutama master kursus SEO yang pernah saya ikuti sendiri yaitu Ricky Pratama (walau sekarang mas Ricky sudah tidak membuka kursus SEO lagi sebab kesibukannya). Titik tekannya lebih kepada SEO blogging walau bisa untuk yang lain. Yuk berguru hal dasar wacana SEO di bawah.

Belajar Perencanaan SEO Blog

SEO erat kaitannya dengan perencanaan-perencanaan. Artinya SEO hadir sebelum hal yang diinginkan terwujud. Anda harus bisa membuat perencanan SEO yang berkaitan dengan situs terkait, entah blog, web penjualan (sales page, toko online), dan yang lainnya. Bila tidak bisa membuat perencanaan SEO untuk situs bisnis, maka tidak bisa juga memaksimalkannya.

Setidaknya anda harus memikirkan tentang:
  1. Tema blog
  2. Pemilihan kata kunci blog
  3. Pemilihan nama blog
  4. Pemilihan nama domain blog

Merencanakan ketiga hal saja membutuhkan pemikiran yang mendalam. Anda boleh mencoba jikalau tidak percaya. Yang jelas, harus serius jangan dibuat main-main. Kalau dibuat main-main, ya tidak perlu mikir panjang.

Masalah tema saja, anda harus memperhatikan minat, keterikatan pada produk, keahlian dan ketahanan rutinitas update informasi. Walau anda minat pada tema “kecantikan”, belum tentu anda bisa menguasainya. Walapun anda sudah menguasai tema tersebut dan anda juga berminat, belum tentu berkaitan dengan produk yang anda jual. Intinya yakni buatlah perencanaan matang-matang.

Masalah tema blog, maka akan berkaitan dengan kategori/label dalam blog. Blog tema kecantikan isi kategori/labelnya apa saja? Nah, dalam hal ini saja perlu diperhatikan. Misal saja berisi perawaran rambut, perawawatan bibir, dan sebagainya.

Lalu dikala tema sudah ditentukan, akan berkaitan dengan pemilihan kata kunci. Blog tema kecantikan tidak harus menggunakan kata kunci “Tips Kecantikan Wanita”, tidak harus. Ini bergantung pada kata kunci apa yang akan tersebar dalam banyak artikel blog. Bila ingin berbagi kata “wanita cantik”, maka pemilihan kata kunci blognya bisa dengan “Tips Wanita Cantik” atau kata lainnya yang masih berkaitan dengan kata kunci utama.

Bagaimana pemilihan nama blog dan domain blog? Maka bisa digabungkan. Misal menarget “Tips Wanita Cantik” dengan nama domain “tipswanitacantik”. Ini jauh lebih bagus bila menarget niche market. Semakin niche, semakin bagus asal memiliki jumlah pencarian yang lumayan. Atau menyerupai ini:
  • Nama domain: wanitacantik
  • Nama blog: Wanita Cantik (biasanya judul untuk tampilan blog wordpress)
  • Kata kunci blog: Tips Wanita Cantik, Rahasia Wanita Cantik, Atau Wanita Cantuk Alami (biasanya untuk title tag, kepentingan tampilan di mesin pencari)

Pada awalnya memang sulit. Namun itulah adegan dari proses berguru SEO dan juga taktik marketing bisnis itu sendiri.

Hal dasar di atas saja, banyak pebisnis pemula yang lupa atau tidak mau menerapkannya. Bagi yang tidak suka teknik dasar SEO di atas, biasanya mereka membuat blog dengan nama sendiri menyerupai Blog Mas Sugeng, Blog Kang Ujang, dll. Itu terserah. Namun fakta SEO di mesin pencari memang dibutuhkan.

Belajar Optimasi SEO Onpage Situs Blog

SEO Onpage lebih kepada usaha mengoptimalkan halaman blog kita sendiri, baik untuk pengunjung atau robot mesin pencari (kode html halaman). Ketika dalam hal ini belum optimal sesuai standar SEO, maka proses SEO berikutnya yaitu SEO Offpage akan menyulitkan. Untuk itu, anda harus perhatikan apa saja yang harus dioptimalkan dalam hal ini. Berikut perincian SEO Onpage yang dilansir oleh mentor SEO saya.
  1. Optimasi SEO Onpage Dengan Riset Kata Kunci
  2. Optimasi SEO Onpage Pada Struktur Blog
  3. Optimasi SEO Onpage Pada Isi Blog
  4. Optimasi SEO Onpage Pada Gambar
  5. Optimasi SEO Onpage Dengan Sitemap (Peta Situs)
  6. Optimasi SEO Onpage Pada Link
  7. Optimasi SEO Onpage Untuk RSS Feed
  8. Optimasi SEO Onpage Dengan Kode Google Webmaster Tool
  9. Optimasi SEO Onpage Google Analytic

Bila dijelaskan di sini, tentu akan memakan banyak pembahasan. Lebih lengkapnya anda bisa membaca di sini, Sumber

Belajar Optimasi SEO Offpage Situs Blog

Ini pembelajaran SEO yang terakhir yaitu SEO Offpage. Artinya, acara SEO yang dilakukan di luar pengurusan sebuah blog/website. Anda sudah mengandalkan situs orang lain dalam menjalankan SEO ini. Tujuannya untuk memperkenalkan situs anda yang nantinya teroptimasi dengan baik di mesin pencari menyerupai Google.

Menurut mentor SEO saya, “Tujuan dari meningkatkan secara optimal Offpage yakni membuat robot mencicipi blog anda berautoritas, dan membuat semakin banyak orang yang menemukan blog anda.”

Bagaimana menjalankan SEO Offpage?
  1. Lakukan blogwalking dengan variasi domain untuk menanamkan backlink dofollow dan nofollow
  2. Daftarkan situs anda ke forum-forum yang menunjukkan layanan tampilan homepage di profil
  3. Bangun pengunjung untuk men-share artikel ke beranda Facebook pribadinya atau yang lainnya
  4. Buatlah kalimat perintah “Cantumkan link aktif untuk url artikel ini bila mengutip sebagian kalimat dari artikel ini ke blog anda” atau jenis kalimat lainnya.

Bila ternyata masih kurang puas dengan menjelasan SEO Offpage di atas, anda bisa mengikuti jadwal kursus berguru SEO blogging bisnis biar anda menerima lebih banyak mengenai meningkatkan secara optimal SEO Offpage. Klik disini saja.

***

Seberapa Penting SEO Untuk Situs Bisnis Anda?

Masalah SEO anda sudah tahu pembagiannya, ada SEO Onpage dan ada SEO ofpage. Namun yang terberat yakni melaksanakan rutinitas SEO. Seiring perjalanan sumbangan konten (onpage), maka berjalan pula dalam sumbangan backlink SEO (offpage). Sejatinya harus berjalan beriringan. Namun sepenting apa SEO untuk situs bisnis anda? Bila situs blog sekedar untuk nampang, blog tema gado-gado, saya kira tidak terlalu penting menerapkan SEO dengan maksimal.

Namun tetap, berguru SEO harus dianggap penting bila memang berencana ingin aktif dalam membangun banyak situs bisnis online. Rata-rata blogger sukses ternyata tidak memiliki 1 blog saja. Bahkan ada yang berinvestasi hingga puluhan juta rupiah untuk membangun puluhan blog. Nah, bila memiliki kemampuan SEO yang handal, maka akan dengan mudah mensukseskan banyak situs blog.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.